HOBBY

by - January 18, 2012

Sebenernya, kalau lagi ngga ada kerjaan atau lagi stress karena banyak kerjaan, aku biasanya melakukan hal - hal yang aku suka. Bukan cuma satu hal aja yang kadang - kadang jadi pelampiasanku untuk mengisi waktu atau pelampiasan untuk menenangkan diri, tapi banyak hal. Aku suka main gitar, aku suka nonton, aku suka dengerin musik, aku suka nulis, aku suka nyanyi (?), dan aku suka MERAJUT. Nah, untuk hal yang terakhir itu aku ngga tau itu lazim atau ngga untuk dijadikan sebagai "hobby", tapi aku pikir wajar - wajar aja deh ya, walaupun Ibu dan Tante aku selalu bilang aku kayak nenek - nenek kalo lagi ngerajut. Biarin deh, yang penting aku suka..

Aku mulai belajar ngerajut ini kira - kira kelas 6 SD, minta diajarin sama Ibu. Aku waktu itu pengen bisa ngerajut soalnya nenek, ibu, dan tante - tante aku pada bisa ngerajut, bisa bikin macem - macem kayak iket rambut, taplak, dan sebagainya. Sebagai cucu cewek pertama, aku juga pengen bisa dong.. Jadilah aku minta diajarin sama ibu. Awal bisa ngerajut belepotan banget hasil rajutannya, berantakan, belok - belok, bolong - bolong, gitu deh. Udah kemana juga tu hasil rajutan pertamaku itu. Sampai akhirnya.. sekarang aku bisa ngerajut yaa lumayan rapi lah, bisa dipamerin dikit ngga malu - maluin amat. Merajut itu punya banyak teknik dan motif kayaknya, tapi berhubung aku cuma bisa ngerajut dengan 1 teknik doang, jadinya ya kalo aku mau bikin sesuatu aku ngerajut benang woll jadi satu lapisan panjang sesuai ukuran yang aku mau, terus aku bentuk dan aku sambung dengan dijahit. Manual sih, tapi lumayan lah bisa membentuk sesuatu jadinya..

modal untuk nyulam : hackpen (kiri) & benang woll (kanan)

Merajut itu modalnya cuma hackpen sama benang woll, hobby yang murah sebenernya, yang ngga murah itu waktu yang dipakai buat melakukan kegiatan ini. Merajut itu ngga sebentar lho, butuh waktu yang cukup lama, tapi ngga lama - lama juga sih, perlu teliti juga sabar.. Makanya, kalo ngga lagi kosong - kosong banget, aku paling cuma ngerjain sebaris dua baris doang tanpa menjadikan rajutan itu jadi "sesuatu". Ada sih yang jadi "sesuatu", tapi ya seadanya banget.

zoom in : hasil rajutan tanganku

Nah, liburan kemaren aku cukup punya banyak waktu kosong yang bikin aku hampir lumutan dan membatu di rumah, akhirnya aku bisa menghasilkan "sesuatu" berupa rajutan hasil karya tanganku sendiri. Hasil karya terakhirku itu kayaknya masterpiece deh..

Ini ada beberapa hasil rajutanku, bisa dilihat.. bisa dilihat.. hand made asli buatan Yescha, cuma satu - satunya di dunia..

sisa sisa benang woll warna pink, berhubung kurang benangnya, akhirnya cuma jadi kotak kecil ngga jelas mau jadi apa..

tadinya mau bikin syal, tapi benangnya kurang, beli benang baru warnanya beda, dicari - cari ngga ada warna yang sama, akhirnya ngga dilanjutin deh..

aku mulai bikin rajutan jadi sesuatu dimulai dari barang - barang kecil, salah satunya tempat hape ini. ini bukan barang pertama yang jadi dan berbentuk yang aku buat sih, tapi awal - awalnya ya gini deh..

 setelah berhasil bikin yang kecil, terus aku coba deh untuk bikin yang agak gedean. ini ceritanya adalah tempat mukena yang ukurannya kira - kira 15 x 20 cm. 

MASTERPIECE
 sampai saat ini, kayaknya ini adalah hasil karya terbagus yang pernah aku bikin. ini ceritanya aku bikin tas, beneran tas lho.. ukurannya kira - kira 20 x 25 cm deh, kuat diisi dompet, HP, buku kecil. tas ini tinggal finishing touch sebenernya, tinggal dikasih furing, resleting, sama bross biar ngga sepi - sepi amat. pokoknya aku suka sama hasil rajutanku yang satu ini..

Ya, itulah kurang lebih rajutan hasil karya tanganku sendiri. Temenku ada yang bilang untuk bikin usaha aja dari hasil rajutan tanganku ini. Bisa sih, tapi kayaknya bukan sekarang, soalnya bikin  buat sendiri aja nunggu ada mood, apalagi buat dijual.. Yaaaa, mungkin bisa deh lain kali.

You May Also Like

1 comments

  1. gaul ih kak yeschaaa
    aku pernah punya hackpen, latihan sekali dua kali, terus hackpen ilang, dan nggak penah latihan lagi. dan akhirnya nggak bisa sama sekali. hahaha
    ajarin kaaaaak :D

    ReplyDelete