Kenangan Masa SMA

Selamat untuk adek - adek SMA 8 Yogyakarta yang lulus 100% tahun ini.

Aku buka website SMA aku itu, ada foto - foto yang tiba - tiba ngingetin aku sama kenangan masa - masa SMA. Kalau diinget - inget lagi, ternyata cukup banyak juga kenangan aku di SMA itu.

Sebenarnya, aku masuk SMA ini awalnya setengah hati karena itu adalah pilihan ke-2, dan aku emang ngga keterima di SMA yang aku pengenin. Tapi, ngga nyangka juga kalo akhirnya aku sampai saat ini ngerasa dapet banyak banget dari SMA ini.

Apa aja ya kenangan yang aku dapet yang bisa aku inget sampe sekarang?

Pasukan 17 SMA Negeri 8 Yogyakarta
Awal masuk SMA ini aku kepilih jadi salah satu dari 17 orang hasil saringan satu angkatan. 11 cowok, 6 cewek. Ntah kenapa aku selalu ngerasa jubel angkatan aku itu paling keren deh. Baik secara fisik (narsis) ataupun secara talent-nya. Waktu masa sekolahnya rata - rata pada jadi  "pejabat". Udah lulus, juga pada sukses kuliah di bidang masing - masing. Aku bangga aja jadi bagian keluarga Jubel SMA 8, Jubel 2005 khususnya. Aku jadi pembawa baki waktu tugas. Udah lewat 5 kali seleksi jubel setelah aku tugas, dan aku hampir selalu dateng, walaupun 2 seleksi terakhir aku udah kuliah di Bandung, aku tetep dateng, cuma 1 kali seleksi kayaknya aku ngga ikut, karena awal masuk kuliah waktu itu.

GAPARCI SMA 8 Yogyakarta
Garda Paramasatya Pakci adalah nama peleton inti (Tonti) SMA aku. Dari SMP juga aku udah ikut tonti, waktu SMA sebelum latihan tonti dimulai aku udah jadi jubel duluan, jadi wajib ikut tonti. Aku jadi Ketua Putri Dewan Tonti, semacam ketuanya peleton cewek lha, atau wakil ketua untuk tonti keseluruhan.
Mungkin orang liatnya gila kali ya dari SMP dengan rela dan senang hati aku dipanggang di lapangan basket cuma untuk baris2an doang. Aku juga kalo mikir lagi sekarang emang aneh aja mau - maunya dijemur tiap hari siang - siang. Tapi, aku jadi tonti itu untuk mendapatkan satu mimpi dari kecil. Mimpi apa?

PASKIBRAKA Kota Yorgyakarta 2006
Yaa, dari kecil ni aku emang udah mimpi untuk jadi PASKIBRAKA. Cetek sih emang ni cita - cita, tapi aku bangga untuk itu. Walaupun aku ngga sampai bertugas di Istana Negara dan hanya bertugas di Balaikota Yogyakarta, aku bangga kok, bangga banget. Ada 4 orang yang mewakili SMA aku waktu itu, dan kami semua lolos seleksi dan menjadi PASKIBRAKA.
Aku merasa beruntung, karena ngga semua orang punya kesempatan yang sama kayak yang aku dapetin. Aku bangga, karena ngga semua orang bisa merasakan gimana rasa bangganya saat Sang Merah Putih itu berkibar, gimana rasa bangganya pake Pakaian Dinas Upacara, gimana rasanya pelatihan menjadi PASKIBRAKA yang bekasnya masih ada sampai sekarang dalam diri aku. Untuk yang satu ini, aku yakin bangga-nya ngga akan pernah mati!

Delayota Competition Fair
DCOMFAIR adalah acara besar yang menggabungkan 3 acara di dalamnya, dan waktu itu aku jadi bendahara KAB, salah satu acara yang semacam lomba MIPA untuk anak SMP. Sebelumnya, 3 acara SMA 8 itu berdiri sendiri2, dan angkatanku adalah angkatan pertama yang menggabungkan 3 acara itu jadi 1 dengan nama DCOMFAIR. Keren kan angkatan-ku? Aku juga bangga untuk itu. Sampai saat ini, nama DCOMFAIR tetap dipakai yang mungkin ada sedikit penambahan substansi tiap tahunnya, dengan inti acara yang sama.

EIGHTIVITY
Sebelumnya nama acara pensi SMA aku ini cuma TBT, gitu aja, singkatan dari Tutup Buka Tahun. Tapi, mulai dari angkatanku namanya berubah jadi EIGHTIVITY. Aku jadi Sekretaris waktu itu. Nama EIGHTIVITY masih dipake sampe sekarang. Aku juga bangga jadi angkatan pertama yang mencetuskan nama ini.

Steering Committe Hakarya Eka Pakci 2007
HEP adalah MOS di SMA-ku. SC HEP terdiri dari 11 cewek dan 11 cowok yang dipilih sama ketuanya dengan spesialisasi masing - masing. Aku jadi SC HEP karena aku jadi Paskibraka taun sebelumnya. Ini juga salah satu hal yang cukup bisa dibanggakan selama aku SMA, soalnya, menurutku, SC HEP keliatan keren banget waktu aku yang jadi peserta HEP, ya semoga anak2 kelas X waktu itu nganggep aku dan temen2 keren juga, hehe.. Tapi, diluar itu, pokoknya aku juga bangga jadi SC HEP.

Masih ada acara lain yang munculnya emang di angkatanku, kayak DEBUT (Delayota Buat Try Out) sama Delayota Art (kalo yang ini antara angkatanku atau angkatan bawahku sih). Yang pasti, walaupun awalnya aku masuk SMA ini setengah hati, tapi ternyata yang aku dapet adalah kenangan sepanjang hayat, dan ngga akan mungkin dilupakan.

Terlepas jadi "apa" aku waktu SMA, banyak pelajaran yang aku dapet dibaliknya. Tentang organisasi, tentang arti kerjasama, tentang arti percaya, dan arti pengorbanan. Selain itu, Jubel, Tonti, Paskibraka juga memberikan pelajara tentang disiplin, etika, cara berpikir, cara pandang, banyak deh, banyak banget yang aku dapet..

Selain itu...di SMA ini juga aku punya satu cerita lain yang masih aku inget sampai sekarang. Satu cerita yang punya rasa asem, manis, pait, dan sakit yang terangkai jadi satu.  Satu cerita yang membuat aku tau arti sahabat, dan merupakan cerita cinta satu - satunya selama SMA. Pokoknya cerita yang, hmmmmm....bikin aku galau 2 tahun, hahaha..

Yaa, terima kasih Delayota,
untuk semua cerita dan kebanggaan yang aku dapatkan.

PAKCI, JAYA!

You May Also Like

3 comments

  1. Waw,,kenangan yg tak akan terlupakan ya..ayo gabung ke forum SMA 8 ,untuk mengobati kerinduan,dan bertemu teman-teman lama,hhe
    http://sman8yogya.sch.id

    ReplyDelete